03 September 2008

ENAM CARA MENCETAK JANIN CERDAS

| 03 September 2008 | 0 komentar

1. MINUM SUSU


Susu kaya protein, vitamin A, vitamin B12, vitamin D, potasium, fosfor, serta niasin. Selain itu susu berperan penting pada fungsi syaraf, kontraksi oto, dan pembekuan darah. Bakhan vitamin D didalamnya bisa membantu penyerapan kalsium.
Susu juga mengandung choline, zat gizi yang berandil mengantarkan rangsang ke syaraf otak. Ibu hamil juga mengonsumsi choline dalam jumlah cukup akan melahirkan bayi dengan kemampuan memori yang bagus sepanjang hidupnya.
Jadi choline memang berpengaruh terhadap perkembangan otak dan memori pada otak janin.

2. MAKAN IKAN

Kecerdasan janin bisa dimaksimalkan dengan asupan cukup protein, protein bagus berasal dari hewani, seperti ikan, ayam daging dan telur. Protein terbaik unruk membentuk kecerdasan bayi bersumber dari ikan laut dalam ( tuna, salmon, kakap) karena mengandung asam lemak, yakni DHA ( asam dokosaheksanoat) yang mirip asam lemak omega-3.
Asam lemak omega paling banyak terdapat dibagian kepala ikan, ( bagus juga menyantap gulai kepala ikan). Apabila janin tidak mendapat DHA yang mencukupi dikhawatirkan, besarnya akan mengalami kesulitan dalam mengendalikan emosi, gangguan sistem kekebalan, serta kesulitan belajar.
Ikan juga sumber yodium, zat gizi yang sangat dibutuhkan dalam pertumbuhan janin secara menyeluruh, janin pada trimester 1 belum bisa mendapat yodium dari kalenjer tiroidnya sendiri.Padahal 80% yodium tersedia dalam kelenjar tiroid ibu. Setiap kali kali janin butuh yodium , ia akan menyedotnya dari tubuh ibu melalui plasenta.
Jelas terbayang bagaimana efeknya kaalau ibu hamil sampai kekurangan yodium? Pertumbuhan janin akan terhambat. Bahkan bisa kadi kelak ia tumbuh lebih kerdil ketimbang teman-temannya. Menurut penelitian, anak – anak yang ibunya kekurangan yodium ketika hamil IQ-nya 4 poin lebih rendah dibanding mereka yang ibunya tidak kekurangan yodium.

3. SERING MENGAJAK BERBICARA

Jenin usia enam bulan sudah bisa mendengar bunyi-bunyian. Penelitian membuktikan, jenin memasuki trimester ke-3, bukan hanya bisa mendengar suara, tetapi juga bisa belajar. Para penelitimemperdengarkan bunyi-bunyian pada janin, lalu memonitor dengan USG untuk melihat reaksinya.Ternyata janin bereaksi lebih cepat setiap kali mendengar bunyi-bunyian.

4. MEMPERDENGARKAN MUSIK KLASIK

Janin yang terbiasa mendengar musik klasik yang tenang memang cenderung jadi anak yang tenang. Ia juga gampang tidur nyenyak, tidur lelap ini juga mempengaruhi otak. Sel syaraf diotak tumbuh pesat ketika bayi tidur, kalau ia tenang, ia akan cukup tidur, dan perkembangan otakpun maksimal.

5. RAJIN OLAH RAGA

Dengan rajin berolahraga, aliran darah ibu hamil akan lancar, aliran darah yang lancar akan mengantar oksigen secara lancar pula bagi cinta kasih Anda sehinngga perkembangan janin terpacu peat.


6. GAYA HIDUP SEHAT

Menghindari asap rokok, minuman keras, dan obat-obatan yang tidak perlu bisa meminimalkan gangguan pada perkembangan syaraf bayi. Bayi yang lahir dari ibu perokok, berpotensi IQ rendah, bobot lahir rendah, lingkar kepala lebih kecil, lahir prematur, dan perawatan saat di ICU lebih dibandingkan dengan bayi dari ibu tidak merokok selama hamil.


POSTING BY MOM & KIDDIE



ENAM CARA HADAPI ANAK KEJANG


Seringkali ditemukan anak menderita kejang demam.Kejang biasanya muncul pada saat panas karena infeksi saluran pernapasan atas, atau infeksi ditempat lain.Ketahanan terhadap kejang demam ternyata juga dipengaruhi oleh faktor keturunan. Sepertiga sampai setengan anak yang mengalami kejang demam mempunyai paling tidak seorang anggota keluarga dengan riwayat pernah menderita kejang demam. Anak kejang perlu segera diatasi, sebab bila kejang berlangsung lebih dari 15 menit, bisa menyebabkan kerusakan otak sehingga tumbuh kembang anak jadi terganggu. Bagaiman pertolongan terhadap anak yang mengalami kejang demam? inilah caranya :

1. Jangan Panik
Sebab akan tidak mampu memberikan pertolongan yang tepat. Lindungi lidahnya dari bahaya tergigit dengan meletakkan kayu atau sendok yang dibungkus sapu tangan di mulutnya dan jangan sekali - kali memasukkan jari, sebab gigitan bisa menyebabkan jari penolong terluka dan lepaskan sendok setelah anak sadar.

2. Letakkan kepala sejajar bantal
Agar peredaran darah ke otak dan pernapasan lancar, setelah itu posisi kepala sedikit miringkan ke kanan atau ke kiri untuk menjaga agar jalan napas tidak kemasukan lendir atau muntahan.

3. Kompres air hangat
Kompres sesering mungkin dengan air hangat di dahi dan badan untuk membantu menurunkan panas. Bila kompres dibadan, seringlah berganti tempat.gunakan handuk kecil atau sapu tangan bersih untuk untuk mengompres.

4. Beri obat
Pada pertolongan ini bisa diberikan obat stesolid rectal melalui dubur, tetapi hanya bisa dibeli dengan resep dokter.

5. Bawa ke dokter

6. Cegaj kejang berulang
Jika terjadi sakit jaga agar suhu tubuh tidak terlalu tinggi dengan memberi obat panas atau kompres air hangat, pemakaian alkohol sebagai kompres harus hati-hari untuk mencegah terhisapnya uap alkohol oleh anak, lebih - lebih ruangannya sempit dan ventilasi kurang baik.

POSTING BY MAJALAH KARTINI

0 komentar:

 
© Copyright 2010. yourblogname.com . All rights reserved | yourblogname.com is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com - zoomtemplate.com